Dilemma Anak Susah Makan

Anakku, R, hampir 14 bulan. Awal-awal masa MPASI dia makannya enak bgt deh.. Disuapin langsung lep, kalau telat suapinnya dia teriak, 1 porsi cepeett bgttt abisnya. Kondisi gampang makan itu bertahan sampe kira-kira R umurnya 10 bulan.

Masuk bulan 11, 12 mulai deh tuh drama. Dramanya R agak beda. Klo biasanya anak bayi sukanya GTM, R tuh ga GTM. Dia mau buka mulut, cuma makannya diemut & ga mau ngunyah. Terus kalo uda kelamaan diemut, langsung dia telen, karena ms blm hancur jd hoek deh, ga jd ditelen.

Coba-coba cari penyebabnya, mungkin maunya lunak, uda dibikin lunak tetep gt aja dong.. Masuk umur 1 tahun, dicobain deh makan nasi. Agak mendingan tp tetep diemut. Coba-coba kasi rasa, karena uda 1 tahun kan, eh tetep aja ga mau. Sekarang uda lebih pinter, abis disuapin dilepehlah langsung makanan dalam mulutnya. Terus tangannya ditowel-towel depan mulut buat buang sisa2 nasi di lidah & bibirnya. Kesel banget liatnya (tp mukanya innocent banget klo lagi gini, pengen kesel tp lucu, haisshh), makanan dibuang2 ky gitu. R paling ga suka sama daging, klo masuk daging langsung deh tuh dilepeh2, haiisshh..

Kalo R dibawa ke restoran & makanannya dia suka, dia bisa balik lg jd R yg dulu, yg kalo disuapinnya telat dia yg minta, bisa bilang “aamm” pas makanannya masuk, tapi2 klo dimasakin di rumah walaupun uda ada rasanya (pake garam, kecap dll) reaksinya ga gitu2 amaattt.. Tetep lebih lahap pas makan di luar, di rumah ga dikasi micin sih yah.. Huuffff..

Biasanya sama pengasuhnya, R makan bisa sampe 1 jam, pake drama lepeh & hoek tp 1 porsi bs abis. Sekarang pengasuhnya lagi pulang kampung 1 minggu & uda 3 hari ini jadi tambah dikit makannya. Uda siap-siap ngomong dalam hati ga mau stress, batasin makannya 30 menit ajah, abis ga abis ya udah, tp susah yah.. Pengennya tetep abis porsi yg kaya biasa, tp klo uda mulai lepeh2 duh emosi deh.. Emang mesti stock sabar yg banyak deh!

Kalo katanya orang this too shall pass, semoga cepat berlalu drama lepeh2 makan ini, biar mamak ga stress yaa R.

Dari maminya R yg sedang galau.

 

Advertisements

10 thoughts on “Dilemma Anak Susah Makan

  1. Akh, been there done that!
    Semangat terus yaaaaah!
    Jaman anakku masih belajar makan, kalo dia gak suka makanannya disembur dan dimuncratin gitu hahaha, kelar makan aku harus ngepel soalnya lengket banget kan 😦

    Bisa dicoba suruh pegang makanan sih, kalo dia males makan biasanya aku suruh pegang kentang rebus aja sih trus dijilatin ama dia haha.

    Like

  2. jayden juga pernah GTM, gua ampe stress… kalo ga salah mulainya sama, di umur 10 bulan, pas mulai transisi ke nasi tim… untungnya begitu masuk mulut ga pernah diemut atau dilepeh, cuma masukin sendok ke mulutnya itu yang susahnya minta ampun… ampe gua kasih makan sambil nonton, makan sambil lari2, makan sambil mainan… GTMnya mulai berlalu pas dia umur 15 atau 16 bulan gitu…

    Like

  3. Semangat mamanya R! Kalo denger cerita drama anak susah makan emang bikin pusing yah. Aku belum pernah ngalamin anak GTM sih (baru mulai MPASI anakku hihi), cuma setuju sama bibi teliti, aku pernah baca artikel kalo anak GTM coba kasih metode BLW aja, siapa tau anaknya mau.

    Semoga galau mami R cepet ilang dan sang anak makin pinter ya mamnya!

    Like

  4. Hallo Mama R. πŸ™‚

    Sampe sekarang clay masih dikit2 makan nasi, sisanya ditim melulu. hehehe. yang penting sehat lah yaa. mau diemut yang penting habis *prinsip gua* walau memang perlu butuh kesabaran mendalam. hahahahaha

    Like

  5. Olaaa mama R, salam kenal πŸ™‚

    pas umur 10 bulan, B bosen sama nasi, huhuhuhu ga mau buka mulut tapi kalo dikasi bubur instan hap hap langsung abis, no drama. terus ikutin saran dsa, kasi gulgar en lumayan jadi mau tapi abis itu uda ga mau makan yg alus2, maunya makanan kayak yg qta makan sampe skarang.

    Ai pil yu mama R, kalo makan makanan diluar rumah ni anak lahap bener sampe bisa minta nambah sdgkan kalo makanan rumah yaowoo lama bener dah bisa 30 menitan πŸ˜₯

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s