Cerita Kelahiran R

Ceritanya uda lewat 1 tahun lebih sih, tapi mending ditulis daripada nanti makin lupa, siapa tau nanti gede R baca yah 🙂

Kontrol terakhir ke dokter pas hari senin, pas usia kehamilan 37 minggu. Dokternya bilang plasenta uda mulai tua, tp masi oke, kontrol lagi aja minggu depan & uda pesen kalau mau kontrol ke RS buat CTG dl yah, oke deh dok, c u next week yah..

Hari Selasa malam, lagi enak2 main iPad sambil nonton kok perut berasa mules ilang, mules ilang. Suami lagi pergi ke gym. Tunggu suami pulang trus kasi tau suami. Akhirnya kita putusin CTG ke rs aja deh. Pas pergi uda malem tuh, jam 10an kira2.

Sampe rs langsung CTG sama suster, susternya nanya “dedenya gerak gak bu?” si dede diem2 aja tuh selama CTG yg pertama, tp mulesnya uda ilang, jd aku & suami jg uda santai, mungkin false alarm. Habis selesai CTG susternya bilang mau lapor dokter dl, tapi dokter ditelp2 g bs2, jd susternya inisiatif lakukan CTG 1x lagi. Yg kedua ini dede uda mulai aktif geraknya. Setelah selesai coba telp dokter lagi tetep masih ga bisa dihubungin, jadilah kita pulang aja.

Besok paginya, pagi2 banget, suami ditelp sama dokter, katanya kamis ke RS yah, buat CTG lagi, suami iya2 aja, orang dia masih ngantuk, kebangun gara2 telp, masih belom connect banget deh pokoknya. Malam itu kita masi sempet nonton Ip Man (yg keberapa yah yg keluar taon lalu? Sampe lupa) sama temen & suaminya. Suaminya sempet becandain kita, jangan2 besok brojol loh pas malem taon baru (yes hari itu tanggal 30 des). Kita masi santai bilang ga mungkinlah, orang HPL ms pertengahan Januari kok..

Besok paginya, sekitar jam 10 (oops uda siang yah itu) aku ms tidur, eh ada telp, dr suster rumah sakit, katanya “bu, dokter suruh ke RS buat periksa CTG” karena baru bangun aku bilang jam 11 aku ke sana yah, “oh gpp bu ditungguin sama dokternya. ” ok deh klo gt aku mandi siap2 dulu baru ke RS. Masih santai banget tuh ke RS, cuma bawa handbag yg biasa dibawa, masi nyetir sendiri, koper buat persiapan lahiran masi berantakan di ruang tamu, lagi diberesin belom selesai.

Sampai RS langsung di CTG lagi, naah si dede tuh diieemm ajaaa, paling cm gerak 1x, padahal perut uda digoyang2 sama suster. Tadi pagi pas masi tidur padahal dede muter2 dalam perut, giliran diperiksa malah dia diem. Si dede emang kalem banget sih selama di perut. Kita pernah nanya ke dokter kok dede geraknya kurang aktif, paling cm pagi2 sama malem2 bgt, klo siang tuh banyakan dia gerak pelan. Terus perut aku jg ga pernah yg sampe goyang disco gt. Dokter bilangnya karena aku ga minum susu hamil, itu yg bikin anak aktof bgt, makanya dr awal dia bilang jangan minum susu hamil. Ok deh kita nurut aja,asal dede gpp.

Setelah selesai CTG, sus bawa hasilnya ke luar, trus dokternya masuk. Begitu datang dokter langsung bilang “kamu telp suami kamu sekarang yah, kita operasi sekarang.” Jeng jeng mateng. Langsung shock dong. Tanya dokter emang dede kenapa, katanya dede kurang oksigen, makanya geraknya kurang, uda 2x CTG di hari yg berbeda hasilnya sama ky gt. Aku ms coba nego dengan tanya ga bs induksi aja nih dok, dok bilang ga bs, kan dede kurang oksigen, kalau diinduksi makin kurang oksigennya, uda sana cepet telp suami. Duh panik banget rasanya, telp  suami sambil sus siap2in aku untuk operasi. Mana toko suami jauh dari RS,butuh at least 45 menit buat bisa sampe. Aku telp mami aku juga, mami deket dari rs, ga sampe 5 menit jg bisa sampe. Ini juga pertimbangan aku kemarin untuk pilih RS, just in case kaya gini mami deket bisa langsung dateng, eh ternyata beneran.

Pas mami dateng, abis ketemu aku, mami langsung  urus admin. Pas mau turun dokter masi sempet manggil trus nanya “ibu mau ke mana? Jangan ke mana2 uda mau operasi nih.” tambah paniklah si mami. Masi ditambahin juga sama dokter “jangan mikir lahir hari ini rugi umur bu.”kata mami “duh dok, uda ga mikir, yg penting anak sama cucu saya gpp.”

Yg nyebelin pas lagi siap2 operasi tuh kan mesti ganti baju, *sorry* cukur2 juga kan, yg nyukur ky suster masi baru gt, uda 1x eh ms kurang bersih pas dilihat sama sus yg senior, dia bersiin lagi, eh masi kurang jg, doh langsung deh emosi aku bilang “uda deh sus yg jago aja yg cukurin” uda panik gini dia masi aneh2 aja.

Akhirnya didorong deh ke ruang operasi, ditemenin mami, mami bilang jgn takut, doa aja yah.. Padahal sih mami ngomongnya jg takut, nahan nangis jg hahaha..

Di dalem, untung suntiknya ga sakit, ga berasa banget deh, 1x suntik langsung masuk (belakangan baru tau, dokter anestesi yg jaga hari kamis emang jago, temen pernah operasi hari selasa mesti 3x suntik, mateng deh). Trus langsung deh mulai operasi. Efek kebanyakan nonton Grey’s Anatomy aku jd bayangin pas dibelek keluar darah seger gt, tp ga berasa apa2 sih. Agak lama tuh, dokter2 ngobrol2, eh tau2 si suami nongol, ternyata dia boleh masuk, kita ga tau klo di RS ini boleh loh. Abis masuk dokter langsung ngomong, yuk dorong. Didorong deh perut aku dan keluarlah si dede :’) duh ga bs diungkapin pake kata2 pas denger nangisnya, senang, & terharu bgt deh. Dede dibawa buat kisskiss sebentar, IMD sebentar banget (ga bs diitung IMD sih, dede disodorin ke payudara sebentar trus udah, haisshh). Suami jg langsung disuruh keluar.

Terus lanjut operasi jahit2. Di sini aku mulai berasa sesek napas. Ditawarin sama dokter anestesi mau bius total ga, aku ga mau, tahan aja. Ga lama operasi selesai trus masuk ruang observasi deh.

Di ruang observasi ga lama, trus pindah ke kamar biasa. Di kamar biasa ini nih mulai menggigil, efek biusnya mulai ilang, dingin bgt rasanya. Trus pas tengah malem, duh sakitnya itu perut, aku minta penahan sakit katanya uda ada obat di infusan, tp tetep sakit. Sampe pagi masi berasa, akhirnya baru dikasi obat  penahan sakit dari anus, baru deh ilang sakitnya. Tapi abis itu aku uda berasa sakit sih, paling sakit klo mau bangun, duduk, itu wajar, tp ga yg skait parah bgt, untung deh..

Jadi moral of the story is.. Jangan lahiran pas malam tahun baru! Semua kena charge lwbih mahal 20%! Dokter obgyn nya, ruang operasi, dokter anestesinya semua! Jd over budget deh. Tapi semuanya terbayarkan dengan lahirnya si dede. Welcome to the world Baby R! 😘

 

2 thoughts on “Cerita Kelahiran R

  1. mama R, aku aku! aku lahir di malem taun baru, hahahaha tapi gue ga tau deh biayanya kena double charge apa ga *ga kepikiran nanya ke nyokap*

    syok bgt ya langsung diminta operasi tapi demi kebaikan lo en baby R, gpp ya 🙂 yang penting selamat en sehat

    Like

Leave a Reply

